Minggu, 13 Januari 2013

KISAH AYAS DAN RAJA KRAJAAN

Kisah Ayas dan Raja

Ayas adalah seorang miskin yang jujur dan pintar ia bekerja sebagai pencari rumput untuk hewan - hewan ternak. ia dikenal oleh masyarakat sebagai orang yang baik budi bahasanya, sopan santun, amanah,, tawadhu dan penyabar. karena itu Rajapun tertarik dengannya dan memperkerjakan ayas sebagai tukang kebun kerajaan.

Kejujuran dan kecerdasan Ayas sudah cukup membuat prestasi kerja dia di kerajaan itu mendapat acungan jempol dari raja sehingga Raja bertambah sayang dan suka kepadanya. tentu hal ini membuat iri para pembantu dan mentri mentri kerajaan.

Suatun hari Raja ingin menguji kejujuran Ayas, sehingga ia mengumpulkan seluruh pembantunya, Menteri - menteri dan petinggi kerajaan yang lainnya. Rja berkata kepada semua yang hadir, "Apakah kalian selalu siap mendengar dan menjalankan titahku?"

Serempak semua hadiri menjawab, "Siap baginda!"      

"Terima kasih," sahut raja. Raja mengambil permata kerajaan dan berkata, "Sekarang saya perintahkan untuk memecahkan permata kerajaan ini."

Mula - mula para menteri yang di suruhny, tetapi mereka menolak sambil mengatakan terlalu sayang kalau permata kerajaan yang berharga dan keramat itu harus di pecahkan. kemudian raja menyuruh Ayas memecahkan permata itu. tanpa fikir panjang Ayas menghancurkan permata itu dengan sebilah kapak. Kontan hadirin terkejut  dan memaki - maki ayas sebagai orang yang tak tau diri, bodoh dan segudang umpatan  lainnya dialamatkan kepada Ayas. Raja hanya terdiam. kemudian Raja bertanya kepada Ayas, "Meengapa kamu menghancurkan permata itu?"

Ayas menjawab, "Ampun paduka, saya hanya mentaati perintah paduka yang mulia untuk menghancurkan permata itu. Bagi saya permata itu tidak ada harganya jika dibandingkan dengan perintah paduka yang mulia".

Maka Raja tersenyum bahagia. Setelah peristiwa itu raja semakin sayang kepada Ayas dan hal ini membuat iri hati dan kebencian menteri - menteri kerajaan kepada Ayas semakin kuat.

Raja kembali ingin menguji kejujuran dan kepintaran Ayas, maka dikumpulkan kembali seluruh penghuni kerajaan dan kemudian Raja berkata, "Nah sekarang setiap yang berharga di dekat kalian boleh di pegang dan di mililki".

Suasana menjadi hiruk pikuk, para menteri ada yang berdiri dekat dengan perhiasan kerajaan dan memegangnya, ada yang memegang Emas permata dan lain - lain. tapi Ayas hanya diam saja. Raja heran dan bertanya kepadanya, "Mengapa kamu tidak mengambil barang berharga kerajaan yang terdekat denganmu?.

Ayas hanya menjawab dengan pertanyaan, "Saya hanya ingin memastikan perintah Raja, benarkah Raja menyuruh memegang barang berharga terdekat dan setelah itu barang tadi menjadi milik saya?"

Raja menjawab, "Benar."

Maka tiba - tiba Ia memluk tubuh Raja. semua yang hadir kembali di buat kaget dengan kelakuan Ayas.

Setelah raja meredakan suasana, ia meminta penjelasan Ayas.

Ayas menjelaskan mengapa ia memeluk raja. karena Raja adalah barang yang paling berharga di kerajaan ini. Barang siapa yang memiliki raja berarti otomatis memiliki seluruh kerajaan berikut harta dan kekuasaannya. 

Begitulah Kisah Ayas. masih bayak lagi cerita dari kisah Ayas yang belum dapat saya tulis namun namun pembaca sekalian dapat mendengarnya langsung dari Penjelasan dan Nasehat dari Syuro H. Cecep Firdaus

dari kisah Ayas diatas kita dapat mengambil pelajaran dimana Kesuksesan Hidup yang paling Besar adalah apabila kita dekat kepada Allah Sampai Kepada Allah SWT Apa keutungannya jika kita sampai kepada Allah dekat dengan Allah?:

Allah Subhana Wata'la Berfirman dalam Hadist Kudsi :yang Ma'fumnya 
"Kalau Engkau dapatkan AKU, Engkau sampai kepada AKU, engkau mendapatkan segala - galanya, tapi kalau engkau kehilangan AKU Kata Allah, Engkau Kehilangan Segala - galanya. dan AKU lebih baik dari segala - galanya"

Sebagai Mana Suksesnya Hazrat Dawud As dengan Do'anya memohon kepada Allah agar dapat senan tiasa selalu dekat dengan Allah SWT. yang di terangkan Oleh Rosulullah SAW Dalam Hadist Yang artinya :

"Ya Allah Ya Tuhanku Sesungguhnya Aku memohon KepadaMU CintaMU dan Cinta orang - orang yang MencintaiMU,dan Tunjukilah aku perbuatan yang dapat menghantarkan aku kepada CintaMU  
Ya Allah Ya Allah Ya Tuhanku jadikanlah CintaMU lebih ku Cintai dari pada Cintaku Terhadap diriku, keluargaku serta air dingin".

dan Suksesnya Para Sahabat R.A Mendapatkan Ridho Dari Allah Subhanawata'ala Asbab Risau dan Usaha Mereka terhadap Ummat ini Sebagai mana Risaunya Nabi SAW. mereka tinggalkan kampung halaman anak istri mereka serta saudara - saudara mereka mengorbankan harta dan diri mereka untuk sampaikan Agam, Sampaikan kalimat Lailaha Illah keseluruh Alam Hingga kita saat ini dapat menikmati Nikmatnya iman. Subhanallah.

Niat Amal dan Sampaikan, Insya Allah.
"Subhanallah Wabihamdihi, Subhanakallah Wabihamdika Asyhadualailaha ila anta astaghfiruka waatubu ilaik".